MENGENAL ILMU ARUDL


           Ilmu Arudl termasuk ilmu yang mengkaji tentang syair Arab, dari segi susunan, salah benarnya wazan, dan keindahan iramanya. Tidak hanya di kalangan pesantren, Ilmu arudl juga telah banyak di kaji di kalangan Perguruan Tinggi, Khususnya Perguruan Tinggi Islam jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Penggagas Ilmu Arudl menurut qoul mashur yang pertama kali adalah Imam Kholil bin Ahmad al Farohidi (الخليل بن أحمد الفراهيدي). Adapun artikel ini merupakan sebuah ringkasan dari ilmu arudl yang diambil dari beberapa sumber. Membahas tentang pengertian, rumus, syi’ir, wazan, bahr, zihaf dan sebagainya. Sedangkan tentang Ilmu Qowafi akan ditulis pada waktu berikutnya, insya Allah. Selamat membaca semuga bermanfaat.
Sumber: www.satujam.com
1.   Pengertian Ilmu Arudl. Menurut Etimologi, kata Arudl “عَرُوْضٌ” mempunyai beberapa arti, antara lain:
a.       النَّاحِيَةُ , Artinya: “arah”.
b.      الطَّرِيْقَةُ الصَّعْبَة , Artinya: “jalan yang sulit”.
c.       الخَشبةُ المُعْترِضَةُ وَسَطَ البيتِ , Artinya: “kayu yang menghalang di tengah-tengah rumah/kemah”.
d.      الجُزْءً الأخيرُ من الشطر الأوّل , Artinya: “bagian akhir pada belahan bait yang pertama”.
e.       مِيزَانُ الشِّعرِ , Artinya: “timbangan syi’ir”.
Sedangkan menurut Terminologi:
العَروض هو علمٌ بِأُصولٍ يُعرف بها صحيحُ أوزَانِ الشعْر وفاسِدُها وما يعْتَريْها من الزِّحافاتِ والعِلَلِ.
      Artinya: Arudl adalah suatu ilmu yang mempunyai aturan-aturan untuk mengetahui tentang kebenaran, kerusakan dan perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan syi’ir Arab, baik perubahan tersebut berupa zihaf maupun ‘illat.
2.      Rumus Tulisan Arudl. Tulisan arudl mempunyai aturan bahwa setiap kata yang diucapkan harus ditulis. Dengan demikian maka perlu adanya penambahan huruf yang tidak ditulis pada tulisan imlak. Dan juga perlu ada pembuangan pada sebagian huruf yang ditulis pada tulisan imlak. Perhatikan contoh berikut:
ذلك  ditulis ذالك              فِي الدُّنْيَا  ditulis فِدْدُنْيَا      في القُطْنِditulis فِلْقُطْنِ
هذا  ditulis هاذا                 وَانْظُرْ ditulis وَنْظُرْ
دَاوُدْ  ditul   دَاوُوْ                 اِلَى الْمَكْتَبِ ditulis اِلَلْمَكْتَبِ
رَجُلٌ  ditulis رَجُلُنْ          قالوْا ditulis قَالُو
قَدَّمَ ditulis قَدْدَمَ            عَمْرٌو ditulis عَمْرُنْ
3.      Syi’ir. “Suatu kalimat yang berirama dan bersajak, yang mengungkapkan tentang khayalan yang indah dan juga melukiskan tentang kejadian yang ada” (Ahmad Hasan az-Zayyat). Pendapat lain mengatakan “Suatu kalimat yang sengaja diberi irama dan sajak atau qafiyah” (Luis Ma’luf). Menurut para ahli kesusastraan Arab adalah “Suatu kalimat yang fasih, berirama, bersajak, biasanya melukiskan tentang khayalan / imajinasi yang indah”.
4.      Taf’illah. Taf’illah adalah Bagian-bagian bait yang tersusun dari beberapa satuan suara yang digunakan untuk menyanyikan lagu-lagu syi’ir. Taf’illah arudl ada 10 :
1.      فَعُوْلُنْ     
2.      فَاعِلُنْ
3.      مَفَاعِيْلُنْ
4.      مُفَاعَلَتُنْ
5.      مُتَفَاعِلُنْ
6.      مَفْعُوْلَاتُ
7.      مُسْتَفْعِلُنْ
8.      مُسْتَفْعِ لُنْ
9.      فَاعِلَا تُنْ
10.  فَاعِ لَا تُنْ
5.      Wazan / Bahr. Wazan adalah Taf’illah Arudl yang diulang-ulang dengan tujuan membentuk syi’ir. Macam-Macam Wazan/Bahr Ada 16:
1.      Bahr Thawil    2X     فُعُوْلُنْ مَفَاعِيْلُنْ فُعُوْلُنْ مَفَاعِيْلُنْ
2.      Bahr Madid     2X    فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ
3.      Bahr Basith     2Xمُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ  
4.      Bahr Wafir      2X   مُفَاعَلَتُنْ مُفَاعَلَتُنْ فُعُوْلُنْ
5.      Bahr Kamil      2X مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ
6.      Bahr Hazaj      6X  مَفَاعِيْلُنْ
7.      Bahr Rajaz      6X مُسْتَفْعِلُنْ
8.      Bahr Raml       6X فَاعِلَاتُنْ
9.      Bahr Sari’                    2Xمُشْتَفْعِلَنْ مُسْتَفْعِلُنْ مَفْعُوْلَاتُ 
10.  Bahr Munsarih            2X  مُسْتَفْعِلُنْ مَفْعُوْلَاتُ مُسْتَفْعِلُنْ
11.  Bahr Khafif                 2X فَاعِلَاتُنْ مُسْتَفْعِ لُنْ فَاعِلَاتُنْ
12.  Bahr Mudlara’             2X مَفَاعِيْلُنْ فَاعِ لَاتُنْ مَفَا عِيْلُنْ
13.  Bahr Muqtadlab          2X مَفْعُوْلَاتُ مُسْتَفْعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ
14.  Bahr Mujtats               2X مُسْتَفْعِ لُنْ فَاعِلَاتُنْ فَا عِلَاتُنْ
15.  Bahr Mutaqarab          8X فُعُوْلُنْ
16.  Bahr Mutadarak / Mutadarik / Muhdats / Mukhtara’/ Khabab  8X فَاعِلُنْ .
6.      Qafiyah. Adalah bagian akhir suatu bait (sajak).
7.      Taqti’. Adalah Potongan-potongan bait dari beberapa bagian (taf’ilah) yang dinyanyikan setelah diketahui lagunya dengan tujuan memperoleh keindahan.
8.      a. Sabab. Khafif. Yaitu kata yang tersusun dari satu vokal dan satu konsonan. Contoh : قَدْ، كَيْ، لَمْ
b. Sabab Tsaqil. Yaitu kata yang tersusun dari dua vokal.
Contoh : مَعَ، لَكَ، اَرَ
9.      a. Watad Majmu’. “Kumpulan dua vokal dan satu konsonan”.
     Contoh: غَزَا، رَمَى، عَلَى.
b.      Watad Mafruq. “Dua vokal dipisah oleh satu konsonan”.
Seperti: مَاتَ، قَامَ، ظَهْرِ.
10.  a. Fashilah Sughra. “ Kumpulan 3 vokal dan 1 konsonan”.
    Seperti: جَبَلٍ, مُدُنًا.
b. Fashilah Kubra. “ Kumpulnya 4 vokal dan 1 konsonan”.
    Seperti: قَتَلَهُمْ، مَلِكُنَا، سَمَكَةً .
11.  Zihaf. “Perubahan yang terjadi pada huruf ke-2 dari sabab khafif dan sabab tsaqil yang ada pada taf’ilah-taf’ilah bait (hasywu bait)”. Zihaf ada 2 bagian:
1.      Zihaf Mufrad (tunggal). “Zihaf yang terjadi pada satu sabab yang ada di taf’ilah”. Zihaf mufrad ada 8:
a.      Idlmar. “Mematikan huruf ke 2 yang hidup”. Seperti  مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتْفَاعِلُنْ diganti menjadi مُسْتَفْعِلُنْ.
b.      Khaban. “Pembuangan huruh ke 2 yang mati”. Contoh: فَاعِلَاتُنْ  menjadi فَعِلَاتُنْ , فَاعِلُنْ  menjadi فَعِلُنْ .
c.       Thayyu. “Pembuangan huruf ke 4 yang mati”. Seperti: مُسْتَفْعِلُنْ  menjadi مُسْتَعِلُنْ maka diganti مُفْتَعِلُنْ .
d.      Waqash. “Pembuangan pada huruf ke 2 yang hidup”. Seperti: مُتَفَاعِلُنْ  menjadi مُفَاعِلُنْ .
e.       ‘Ashab / Ma’shub. “Mematikan huruf ke 5”. Contoh: مُفَاعَلَتُنْ  menjadi مُفَاعَلْتُنْ .
f.       Qabadl. “ Pembuangan huruf ke 5 yang mati”. Seperti: فَعُوْلُنْ  menjadi فَعُوْلُ.
g.      ‘Aqal. “Pembuangan huruf ke 5 yang hidup”. مُفَاعَلَتُنْ  menjadi مُفَاعَتُنْ maka diganti مَفَاعِلُنْ .
h.      Kuf. “Pembuangan pada huruf ke 7 yang mati”. Seperti:
مُسْتَفْعِ لُنْ  menjadi مُسْتَفْعِ لُ
فَاعِلَاتُنْ  menjadi فَاعِلَاتُ
فَاعِ لَاتُنْ  menjadi فَاعِ لَاتُ
مَفَاعِيْلُنْ  menjadi مَفَاعِيْلُ
2.      Zihaf Muzdawaj (tersusun). “Zihaf yang terjadi pada dua sabab yang ada pada taf’ilah”. Zihaf muzdawaj ada 4:
a.      Khabal. “ Kumpulan khaban dan thayyu”. Contoh: مُسْتَفْعِلُنْ  menjadi مُتَعِلُنْ maka diganti فَعِلَتُنْ , مَفْعُوْلَاتُ  menjadi مَعُلَاتُ maka diganti فَعِلَاتُ
b.      Khazl. “Kumpulan idlmar dan thayyu”. Seperti: مُتَفَاعِلُنْ  menjadi مُتْفَعِلُنْ maka diganti مُفْتَعِلُنْ
c.       Syakl. “Kumpulan khaban dan kuf”. Contoh: فَاعِلَاتُنْ  menjadi فَعِلَاتُ , مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُتَفْعِلُ .
d.      Naqash. “Kumpulnya ‘ashab dan kuf”. Seperti: مُفَاعَلَتُنْ  menjadi مُفَاعَلْتُ  maka diganti مَفَاعِيْلُ .
12.  ‘Illat. “Perubahan yang terjadi pada huruf ke-2 dari Sabab Khafif dan Sabab Tsaqil, begitu juga dari Watad Majmu’ dan Watad Mafruq yang ada dalam ‘arudl dan dlarabnya bait syi’ir”. ‘Illat dibagi menjadi 2:
1.      ‘Illat Ziyadah. Ada 3:
1.      Tadzyil (Penambahan satu huruf pada akhir watad majmu’). Seperti: مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَاعِلَانْ
مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُسْتَفْعِلَانْ
فَاعِلُنْ  menjad   فَاعِلَانْ
2.      Tarfil (Penambahan sabab khafif pada akhir watad majmu’). Seperti: فَاعِلُنْ menjadi  فَاعِلَاتُنْ
مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَاعِلَاتُنْ
3.      Tasbigh (Penambahan satu huruf pada akhir sabab khafif). Seperti: فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَاتَانْ .
2.      ‘Illat Naqish. Ada 9 macam:
1.      Hadzaf (Terbuangnya sabab khafif di akhir taf’ilah). Contoh:
فُعُوْلُنْ menjadi فُعُوْ maka diganti menjadi فَعَلْ .
مَفَاعِيْلُنْ  menjadi مَفَاعِيْ maka diganti menjadi فُعُوْلُنْ .
فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَا maka diganti menjadi فَاعِلُنْ .
2.      Qathaf (Membuang sabab khafif dan mematikan huruf sebelumnya). Contoh: مُفَاعَلَتُنْ menjadi مُفَاعَلْ maka diganti فُعُوْلُنْ .
3.      Qatha’ (Membuang huruf mati pada watad majmu’ dan mematikan huruf hidup sebelumnya). Contoh:
 فَاعِلُنْ menjadi فَاعِلْ maka diganti فَعْلُنْ
مُسْتَفْعِلُنْ  menjadi مُسْتَفْعِلْ maka diganti مَفْعُوْلُنْ
مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَاعِلْ maka diganti فَعِلَاتُنْ .
4.  Qashar (pembuangan huruf mati pada sabab khafif dan mematikan huruf hidupnya). Contoh:
 فَعُوْلُنْ menjadi فَعُولْ
فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَاتْ maka diganti فَاعِلَانْ
5.      Batr (Pembuangan sabab khafif beserta qatha’ pada watad majmu’ sebelumnya). Seperti:
فُعُوْلُنْ menjadi "فَعْ" diganti menjadi "لُنْ"
6.      Hadzad (Pembuangan watad majmu’ di akhir taf’ilah). Seperti:
مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَا maka diganti فَعِلُنْ
7.      Shalam (Pembuangan watad mafruq di akhir taf’ilah). Contoh:
مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَفْعُوْ maka diganti فَعْلٌنْ
8.      Waqaf (Mematikan akhir watat mafruq di akhir taf’ilah). Contoh:
مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَفْعُوْلَاتْ
9.      Kasaf (Pembuangan akhir watad mafruq pada akhir taf’ilah). Seperti:
مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَفْعُوْلَا maka diganti مَفْعُوْلُنْ .
      Sumber lain menambahkan:
Tasy’its (Pembuangan huruf pertama pada watad majmu’ atau huruh ke 2nya). Contoh: فَاعِلَاتُنْ menjadi فَالَاتُنْ maka diganti مَفْعُوْلُنْ .

                               شطر الثاني                     شطر الأول

فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن # فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن
                               عروض                          ضرب  

A.    Bahr Thawil     (2x  فُعُوْلُنْ مَفَاعِيْلُنْ فُعُوْلُنْ مَفَاعِيْلُن  )
Arudnya ada 1 yaitu “Maqbudlah” (مَفَاعِلُنْ).
Dlarabnya ada 3 yaitu:
1.      Shohih (مَفَاعِيْلُنْ)
2.      Maqbudl (مَفَاعِلُنْ)
3.      Mahdzuf (مَفَاعِيْ)
B.     Bahr Madid ( 2X   فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ)
Arudlnya ada 3 dan dlarabnya ada 6 macam:
1.      Shohih (فَاعِلَاتُنْ)  =>> Shohih
2.      Mahdzufah (فَاعِلُنْ)
D => Maqshur (فَاعِلَاتْ)
D => Mahdzuf (فَاعِلُنْ)
D => Batar (فَعْلُنْ)
3.      Mahdzufah Makhbunah (فَعِلُنْ)
D => Mahdzuf Makhbun (فَعِلُنْ)
D => Batar (فَعْلُنْ)
C.     Bahr Basith ( 2X مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ)
Mempunyai 3 arudl dan 6 macam dlarab:
1.      Arudl makhbunah (فَعِلُنْ)
D => Makhbun (فَعِلُنْ)
D => Maqtu’ (فَاعِلْ)
2.      Arudl Majzuah Shohihah (مُسْتَفْعِلُنْ)
D => Majzu’ Mudzal (مُسْتَفْعِلَانْ)
D => Majzu’ Shohih (مُسْتَفْعِلُنْ)
D => Majzu’ Maqthu’ (مُسْتَفْعِلْ)
3.      Arudl Majzu’ Maqthu’ah (مُسْتَفْعِلْ)
D => Majzu’ Maqthu’ (مُسْتَفْعِلْ)
D.    Bahr Wafir  ( 2X مُفَاعَلَتُنْ مُفَاعَلَتُنْ فُعُوْلُنْ)
Mempunyai 2 macam arudl dan 3 macam dlarab:
1.      Arudl Maqthufah (فَعُوْلُنْ)
D => Maqthuf (فَعُوْلُنْ)
2.      Arudl Majzuah Shohihah (مُفَاعَلَتُنْ)
D => Majzu’ Shohih (مُفَاعَلَتُنْ)
D => Majzu’ Ma’shub (مُفَاعَلْتُنْ)
E.     Bahr Kamil ( 2X مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ)
Mempunyai 3 arudl dan 9 dlarab:
1.      Arudl Tam atau Shohih (مُتَفَاعِلُنْ)
D => Tam / Shohih (مُتَفَاعِلُنْ)
D => Maqthu’ (مُتَفَاعِلْ)
D => Ahadz Mudlmar (فَعْلُنْ)
2.      Arudl Hidza’ (فَعِلُنْ)
D => Hidza’ (فَعِلُنْ)
D => Ahadz Mudlmar (فَعْلُنْ)
3.      Arudl Majzuah Shohihah (مُتَفَاعِلُنْ)
D => Majzu’ Muraffal (مُتَفَاعِلَاتُنْ)  D => Maqtu’ (مُتَفَاعِلْ)
D => Majzu’ Mudzal (مُتَفَاعِلَانْ)       D => Majzu’ Shohih (مُتَفَاعِلُنْ)

Sumber :
Hamid, Mas’an. 1995. Ilmu Arudl dan Qawafi. Surabaya: Al-Ikhas.
الشيخ محمد الدمنهوري. المختصرالشافي .
الشيخ الإسلام محمد الصبان. تقريرات كتاب الكافية الشافية.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sastrawan Arab Al- Barudi

Mengenal Ibnu Jinni, Salah Satu Tokoh Linguistik Arab

Kuliner Bengi Lan Lungguh Ngopi Surganya Kuliner Osing Banyuwangi