MENGENAL ILMU ARUDL
Ilmu Arudl termasuk ilmu yang mengkaji tentang syair Arab, dari
segi susunan, salah benarnya wazan, dan keindahan iramanya. Tidak hanya di
kalangan pesantren, Ilmu arudl juga telah banyak di kaji di kalangan Perguruan
Tinggi, Khususnya Perguruan Tinggi Islam jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Penggagas
Ilmu Arudl menurut qoul mashur yang pertama kali adalah Imam Kholil bin Ahmad
al Farohidi (الخليل بن أحمد الفراهيدي). Adapun artikel ini merupakan sebuah
ringkasan dari ilmu arudl yang diambil dari beberapa sumber. Membahas tentang
pengertian, rumus, syi’ir, wazan, bahr, zihaf dan sebagainya. Sedangkan tentang
Ilmu Qowafi akan ditulis pada waktu berikutnya, insya Allah. Selamat
membaca semuga bermanfaat.
Sumber: www.satujam.com
1. Pengertian
Ilmu Arudl. Menurut Etimologi, kata Arudl “عَرُوْضٌ” mempunyai beberapa arti, antara lain:
a.
النَّاحِيَةُ , Artinya: “arah”.
b.
الطَّرِيْقَةُ
الصَّعْبَة , Artinya: “jalan
yang sulit”.
c.
الخَشبةُ
المُعْترِضَةُ وَسَطَ البيتِ
, Artinya: “kayu yang menghalang di tengah-tengah rumah/kemah”.
d.
الجُزْءً
الأخيرُ من الشطر الأوّل
, Artinya: “bagian akhir pada belahan bait yang pertama”.
e.
مِيزَانُ
الشِّعرِ ,
Artinya: “timbangan syi’ir”.
Sedangkan menurut Terminologi:
العَروض
هو علمٌ بِأُصولٍ يُعرف بها صحيحُ أوزَانِ الشعْر وفاسِدُها وما يعْتَريْها من
الزِّحافاتِ والعِلَلِ.
Artinya: Arudl adalah suatu ilmu yang
mempunyai aturan-aturan untuk mengetahui tentang kebenaran, kerusakan dan
perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan syi’ir Arab, baik perubahan
tersebut berupa zihaf maupun ‘illat.
2.
Rumus Tulisan Arudl. Tulisan
arudl mempunyai aturan bahwa setiap kata yang diucapkan harus ditulis. Dengan
demikian maka perlu adanya penambahan huruf yang tidak ditulis pada tulisan
imlak. Dan juga perlu ada pembuangan pada sebagian huruf yang ditulis pada
tulisan imlak. Perhatikan contoh berikut:
ذلك
ditulis ذالك فِي الدُّنْيَا ditulis فِدْدُنْيَا في القُطْنِditulis
فِلْقُطْنِ
هذا ditulis هاذا وَانْظُرْ ditulis وَنْظُرْ
دَاوُدْ ditul دَاوُوْ اِلَى الْمَكْتَبِ
ditulis اِلَلْمَكْتَبِ
رَجُلٌ
ditulis رَجُلُنْ قالوْا ditulis
قَالُو
قَدَّمَ ditulis قَدْدَمَ عَمْرٌو ditulis عَمْرُنْ
3.
Syi’ir. “Suatu
kalimat yang berirama dan bersajak, yang mengungkapkan tentang khayalan yang
indah dan juga melukiskan tentang kejadian yang ada” (Ahmad Hasan az-Zayyat). Pendapat
lain mengatakan “Suatu kalimat yang sengaja diberi irama dan sajak atau qafiyah”
(Luis Ma’luf). Menurut para ahli kesusastraan Arab adalah “Suatu kalimat yang
fasih, berirama, bersajak, biasanya melukiskan tentang khayalan / imajinasi
yang indah”.
4.
Taf’illah. Taf’illah adalah
Bagian-bagian bait yang tersusun dari beberapa satuan suara yang digunakan
untuk menyanyikan lagu-lagu syi’ir. Taf’illah arudl ada 10 :
1.
فَعُوْلُنْ
2.
فَاعِلُنْ
3.
مَفَاعِيْلُنْ
4.
مُفَاعَلَتُنْ
5.
مُتَفَاعِلُنْ
6.
مَفْعُوْلَاتُ
7.
مُسْتَفْعِلُنْ
8.
مُسْتَفْعِ
لُنْ
9.
فَاعِلَا تُنْ
10.
فَاعِ لَا
تُنْ
5.
Wazan / Bahr. Wazan adalah
Taf’illah Arudl yang diulang-ulang dengan tujuan membentuk syi’ir. Macam-Macam
Wazan/Bahr Ada 16:
1.
Bahr Thawil 2X فُعُوْلُنْ
مَفَاعِيْلُنْ فُعُوْلُنْ مَفَاعِيْلُنْ
2.
Bahr Madid 2X فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ
3.
Bahr Basith 2Xمُسْتَفْعِلُنْ
فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ
4.
Bahr Wafir 2X
مُفَاعَلَتُنْ مُفَاعَلَتُنْ فُعُوْلُنْ
5.
Bahr Kamil 2X مُتَفَاعِلُنْ
مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ
6.
Bahr Hazaj 6X مَفَاعِيْلُنْ
7.
Bahr Rajaz 6X مُسْتَفْعِلُنْ
8.
Bahr Raml 6X فَاعِلَاتُنْ
9.
Bahr Sari’ 2Xمُشْتَفْعِلَنْ
مُسْتَفْعِلُنْ مَفْعُوْلَاتُ
10. Bahr Munsarih 2X مُسْتَفْعِلُنْ
مَفْعُوْلَاتُ مُسْتَفْعِلُنْ
11. Bahr Khafif 2X
فَاعِلَاتُنْ
مُسْتَفْعِ لُنْ فَاعِلَاتُنْ
12. Bahr Mudlara’ 2X مَفَاعِيْلُنْ
فَاعِ لَاتُنْ مَفَا عِيْلُنْ
13. Bahr Muqtadlab 2X مَفْعُوْلَاتُ
مُسْتَفْعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ
14. Bahr Mujtats 2X مُسْتَفْعِ
لُنْ فَاعِلَاتُنْ فَا عِلَاتُنْ
15. Bahr Mutaqarab 8X فُعُوْلُنْ
16. Bahr Mutadarak / Mutadarik / Muhdats / Mukhtara’/ Khabab 8X فَاعِلُنْ .
6.
Qafiyah. Adalah bagian
akhir suatu bait (sajak).
7.
Taqti’. Adalah
Potongan-potongan bait dari beberapa bagian (taf’ilah) yang dinyanyikan setelah
diketahui lagunya dengan tujuan memperoleh keindahan.
8.
a. Sabab.
Khafif. Yaitu kata yang tersusun dari satu vokal dan satu konsonan. Contoh
:
قَدْ، كَيْ، لَمْ
b. Sabab Tsaqil.
Yaitu kata yang tersusun dari dua vokal.
Contoh : مَعَ، لَكَ، اَرَ
9.
a. Watad
Majmu’. “Kumpulan dua vokal dan satu konsonan”.
Contoh: غَزَا، رَمَى، عَلَى.
b. Watad Mafruq. “Dua vokal dipisah oleh satu
konsonan”.
Seperti: مَاتَ،
قَامَ، ظَهْرِ.
10. a. Fashilah Sughra. “ Kumpulan 3
vokal dan 1 konsonan”.
Seperti: جَبَلٍ, مُدُنًا.
b. Fashilah
Kubra. “ Kumpulnya 4 vokal dan 1 konsonan”.
Seperti: قَتَلَهُمْ، مَلِكُنَا، سَمَكَةً .
11.
Zihaf. “Perubahan
yang terjadi pada huruf ke-2 dari sabab khafif dan sabab tsaqil yang ada pada
taf’ilah-taf’ilah bait (hasywu bait)”. Zihaf ada 2 bagian:
1.
Zihaf Mufrad (tunggal).
“Zihaf yang terjadi pada satu sabab yang ada di taf’ilah”. Zihaf mufrad ada 8:
a. Idlmar. “Mematikan huruf ke 2 yang hidup”. Seperti مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتْفَاعِلُنْ diganti menjadi مُسْتَفْعِلُنْ.
b. Khaban. “Pembuangan huruh ke 2 yang mati”. Contoh: فَاعِلَاتُنْ menjadi فَعِلَاتُنْ , فَاعِلُنْ menjadi
فَعِلُنْ .
c. Thayyu. “Pembuangan huruf ke 4 yang mati”. Seperti: مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُسْتَعِلُنْ maka diganti مُفْتَعِلُنْ .
d. Waqash. “Pembuangan pada huruf ke 2 yang hidup”. Seperti: مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُفَاعِلُنْ .
e. ‘Ashab / Ma’shub. “Mematikan
huruf ke 5”. Contoh: مُفَاعَلَتُنْ menjadi مُفَاعَلْتُنْ .
f. Qabadl. “ Pembuangan huruf ke 5 yang mati”. Seperti: فَعُوْلُنْ menjadi فَعُوْلُ.
g. ‘Aqal. “Pembuangan huruf ke 5 yang hidup”. مُفَاعَلَتُنْ menjadi مُفَاعَتُنْ maka diganti مَفَاعِلُنْ .
h. Kuf. “Pembuangan pada huruf ke 7 yang mati”. Seperti:
مُسْتَفْعِ لُنْ menjadi مُسْتَفْعِ لُ
فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَاتُ
فَاعِ لَاتُنْ menjadi فَاعِ لَاتُ
مَفَاعِيْلُنْ menjadi مَفَاعِيْلُ
2.
Zihaf Muzdawaj (tersusun). “Zihaf
yang terjadi pada dua sabab yang ada pada taf’ilah”. Zihaf muzdawaj ada 4:
a. Khabal. “ Kumpulan khaban dan thayyu”. Contoh: مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُتَعِلُنْ maka diganti فَعِلَتُنْ , مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَعُلَاتُ maka diganti فَعِلَاتُ
b. Khazl. “Kumpulan idlmar dan thayyu”. Seperti: مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتْفَعِلُنْ maka diganti مُفْتَعِلُنْ
c. Syakl. “Kumpulan khaban dan kuf”. Contoh: فَاعِلَاتُنْ menjadi فَعِلَاتُ , مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُتَفْعِلُ .
d. Naqash. “Kumpulnya ‘ashab dan kuf”. Seperti: مُفَاعَلَتُنْ menjadi مُفَاعَلْتُ maka diganti مَفَاعِيْلُ .
12.
‘Illat. “Perubahan
yang terjadi pada huruf ke-2 dari Sabab Khafif dan Sabab Tsaqil, begitu juga dari
Watad Majmu’ dan Watad Mafruq yang ada dalam ‘arudl dan dlarabnya bait syi’ir”.
‘Illat dibagi menjadi 2:
1. ‘Illat Ziyadah. Ada 3:
1.
Tadzyil
(Penambahan satu huruf pada akhir watad majmu’). Seperti: مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَاعِلَانْ
مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُسْتَفْعِلَانْ
فَاعِلُنْ menjad فَاعِلَانْ
2.
Tarfil
(Penambahan sabab khafif pada akhir watad majmu’). Seperti: فَاعِلُنْ menjadi فَاعِلَاتُنْ
مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَاعِلَاتُنْ
3.
Tasbigh
(Penambahan satu huruf pada akhir sabab khafif). Seperti: فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَاتَانْ .
2. ‘Illat Naqish. Ada 9 macam:
1.
Hadzaf
(Terbuangnya sabab khafif di akhir taf’ilah). Contoh:
فُعُوْلُنْ menjadi فُعُوْ maka diganti menjadi فَعَلْ .
مَفَاعِيْلُنْ menjadi مَفَاعِيْ maka diganti menjadi فُعُوْلُنْ .
فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَا maka diganti menjadi فَاعِلُنْ .
2.
Qathaf (Membuang
sabab khafif dan mematikan huruf sebelumnya). Contoh: مُفَاعَلَتُنْ menjadi مُفَاعَلْ maka diganti فُعُوْلُنْ .
3.
Qatha’
(Membuang huruf mati pada watad majmu’ dan mematikan huruf hidup
sebelumnya). Contoh:
فَاعِلُنْ menjadi فَاعِلْ maka diganti فَعْلُنْ
مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُسْتَفْعِلْ maka diganti مَفْعُوْلُنْ
مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَاعِلْ maka diganti فَعِلَاتُنْ .
4. Qashar
(pembuangan huruf mati pada sabab khafif dan mematikan huruf hidupnya). Contoh:
فَعُوْلُنْ menjadi فَعُولْ
فَاعِلَاتُنْ menjadi فَاعِلَاتْ maka diganti فَاعِلَانْ
5.
Batr
(Pembuangan sabab khafif beserta qatha’ pada watad majmu’ sebelumnya). Seperti:
فُعُوْلُنْ menjadi "فَعْ"
diganti menjadi "لُنْ"
6.
Hadzad
(Pembuangan watad majmu’ di akhir taf’ilah). Seperti:
مُتَفَاعِلُنْ menjadi مُتَفَا maka diganti فَعِلُنْ
7.
Shalam
(Pembuangan watad mafruq di akhir taf’ilah). Contoh:
مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَفْعُوْ maka diganti فَعْلٌنْ
8.
Waqaf
(Mematikan akhir watat mafruq di akhir taf’ilah). Contoh:
مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَفْعُوْلَاتْ
9.
Kasaf
(Pembuangan akhir watad mafruq pada akhir taf’ilah). Seperti:
مَفْعُوْلَاتُ menjadi مَفْعُوْلَا maka diganti مَفْعُوْلُنْ .
Sumber lain menambahkan:
Tasy’its (Pembuangan
huruf pertama pada watad majmu’ atau huruh ke 2nya). Contoh: فَاعِلَاتُنْ menjadi فَالَاتُنْ maka diganti مَفْعُوْلُنْ .
شطر الثاني شطر الأول


فعولن
مفاعيلن فعولن مفاعيلن # فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن
عروض ضرب
A.
Bahr
Thawil (2x فُعُوْلُنْ
مَفَاعِيْلُنْ فُعُوْلُنْ مَفَاعِيْلُن )
Arudnya ada 1 yaitu “Maqbudlah”
(مَفَاعِلُنْ).
Dlarabnya ada 3 yaitu:
1.
Shohih (مَفَاعِيْلُنْ)
2.
Maqbudl (مَفَاعِلُنْ)
3.
Mahdzuf (مَفَاعِيْ)
B.
Bahr Madid ( 2X فَاعِلَتُنْ فَاعِلُنْ فَاعِلَتُنْ
فَاعِلُنْ)
Arudlnya ada 3 dan dlarabnya ada 6
macam:
1.
Shohih (فَاعِلَاتُنْ) =>> Shohih
2.
Mahdzufah (فَاعِلُنْ)
D => Maqshur (فَاعِلَاتْ)
D => Mahdzuf (فَاعِلُنْ)
D => Batar (فَعْلُنْ)
3.
Mahdzufah
Makhbunah (فَعِلُنْ)
D => Mahdzuf Makhbun (فَعِلُنْ)
D => Batar (فَعْلُنْ)
C.
Bahr Basith ( 2X مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ)
Mempunyai 3 arudl dan 6 macam dlarab:
1.
Arudl makhbunah
(فَعِلُنْ)
D => Makhbun (فَعِلُنْ)
D => Maqtu’ (فَاعِلْ)
2.
Arudl Majzuah
Shohihah (مُسْتَفْعِلُنْ)
D => Majzu’ Mudzal (مُسْتَفْعِلَانْ)
D => Majzu’ Shohih (مُسْتَفْعِلُنْ)
D => Majzu’ Maqthu’ (مُسْتَفْعِلْ)
3.
Arudl Majzu’
Maqthu’ah (مُسْتَفْعِلْ)
D => Majzu’ Maqthu’ (مُسْتَفْعِلْ)
D.
Bahr Wafir ( 2X مُفَاعَلَتُنْ مُفَاعَلَتُنْ فُعُوْلُنْ)
Mempunyai 2 macam arudl dan 3 macam
dlarab:
1.
Arudl Maqthufah
(فَعُوْلُنْ)
D => Maqthuf (فَعُوْلُنْ)
2.
Arudl Majzuah
Shohihah (مُفَاعَلَتُنْ)
D => Majzu’ Shohih (مُفَاعَلَتُنْ)
D => Majzu’ Ma’shub (مُفَاعَلْتُنْ)
E.
Bahr Kamil ( 2X مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ)
Mempunyai 3 arudl dan 9 dlarab:
1.
Arudl Tam atau
Shohih (مُتَفَاعِلُنْ)
D => Tam / Shohih (مُتَفَاعِلُنْ)
D => Maqthu’ (مُتَفَاعِلْ)
D => Ahadz Mudlmar (فَعْلُنْ)
2.
Arudl Hidza’ (فَعِلُنْ)
D => Hidza’ (فَعِلُنْ)
D => Ahadz Mudlmar (فَعْلُنْ)
3.
Arudl Majzuah
Shohihah (مُتَفَاعِلُنْ)
D => Majzu’ Muraffal (مُتَفَاعِلَاتُنْ) D => Maqtu’ (مُتَفَاعِلْ)
D => Majzu’ Mudzal (مُتَفَاعِلَانْ) D => Majzu’ Shohih (مُتَفَاعِلُنْ)
Sumber :
Hamid, Mas’an. 1995. Ilmu Arudl
dan Qawafi. Surabaya: Al-Ikhas.
الشيخ محمد الدمنهوري. المختصرالشافي .
الشيخ الإسلام محمد الصبان. تقريرات كتاب الكافية الشافية.
Komentar
Posting Komentar